Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co'-Co' di mana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.
Jika lokomotif CC201 memiliki enam motor traksi, lokomotif BB203 hanya memiliki empat motor traksi.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati dan berjumlah enam buah, bernomor BB20302,BB20303, BB20305, BB20306, BB20308, dan BB20310, lokomotif ini pernah beroperasi di Jawa tetapi sejak tahun 1989 semua lokomotif BB 203 di Jawa satu per satu mulai diubah menjadi CC201. Untuk membedakan yang mana lokomotif hasil rehabilitasi BB 203 menjadi CC 201, huruf belakang tulisan nomor loko yang di-rehab adalah R. Contoh: CC 201 73R
Berkut ini daftar lokomotif BB 203 yang diubah menjadi CC 201:
- Periode 1989-1990
- BB20343 - CC20173R
- BB20349 - CC20174R
- BB20350 - CC20175R
- BB20344 - CC20176R
- BB20353 - CC20177R
- BB20354 - CC20178R
- BB20357 - CC20179R
- BB20356 - CC20180R (sekarang menjadi CC201 80 setelah tabrakan di stasiun Kapas)
- BB20347 - CC20181R
- BB20358 - CC20182R (sekarang CC201 82)
- BB20351 - CC20183R
- BB20355 - CC20184R (sekarang menjadi CC201 84 setelah mengalami PLH 2011 di Sumatera)
- BB20359 - CC20185R
- BB20342 - CC20186R (salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203. Digunakan oleh Dipo Lokomotif Kertapati, Sumatera)
- BB20346 - CC20187R
- BB20348 - CC20188R
- BB20345 - CC20189R
- BB20352 - CC20190R
- Periode 1993
- BB20337 - CC201111R (salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203)
- BB20341 - CC201112R
- Periode 1998-1999
- BB20321 - CC201126R
- BB20327 - CC201127R
- BB20328 - CC201128R
- Periode 2004
- BB20320 - CC201138R
- BB20325 - CC201139R
- BB20322 - CC201140R
- BB20326 - CC201141R
- BB20323 - CC201142R (sekarang menjadi CC201142 setelah menjalani PA 2012 & bodinya memakai logo PT. KAI+striping baru)
- BB20329 - CC201143R
- BB20324 - CC201144R (sekarang menjadi CC201144 setelah menjalani PA 2012 & bodinya memakai logo PT. KAI+striping baru)
Profil Lokomotif BB203
- Dimensi
- Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
- Panjang body: 14134 mm
- Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
- Lebar badan (body): 2642 mm
- Tinggi maksimum: 3636 mm
- Jarak gandar: -
- Jarak antar pivot: 7680 mm
- Diameter roda penggerak: 914 mm
- Diameter roda idle: -
- Tinggi alat perangkai: - mm
- Berat
- Berat kosong: 76 ton
- Berat siap: 81 ton
- Berat adhesi: 56 ton
- Motor Diesel
- Tipe: GE-7FDL8( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
- Jenis: 4 langkah, turbocharger
- Daya Mesin: 1500 HP
- Daya ke generator/converter: 1380 HP
- Motor Traksi/Converter
- Jumlah motor traksi: 4
- Tipe motor: GM D-29, arus searah DC_DC( General Motor Corp )
- Gear ratio: 93 : 18
- Kinerja
- Kecepatan maksimum: 90 km/jam
- Gaya tarik maksimum (adhesi): 16464 kgf
- Kecepatan minimum kontinu: -
- Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
- Kapasitas
- Bahan bakar: 3028 liter
- Minyak pelumas: 984 liter
- Air pendingin: 682 liter
- Pasir: 510 liter
- Lain-lain
- Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
- Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar